Muhadharah adalah kegiatan latihan pidato yang diikuti seluruh santri Pondok Pesantren Fathul Ulum. Kegiatan ini dilakukan dalam tiga bahasa; yaitu Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. Kegiatan muhadharah dimaksudkan sebagai latihan para santri agar memiliki ketrampilan berpidato dalam tiga bahasa tersebut. Hal ini dimaksudkan sebagai sarana bekal da’wah Islamiyah di masyarakat nanti setelah pulang dari pesantren.
Muhadharah merupakan salah satu kegiatan yang cukup efektif untuk melatih keberanian dan ketrampilan santri. Berani berbicara di depan khalayak ramai, bahkan diawasi oleh beberapa mulahidz, yakni santri senior yang ditugaskan untuk mengawasi dan mengontrol jalannya muhadharah. Di samping itu, juga diawasi oleh oleh beberapa ustadz yang ditugaskan sebagai pembimbing kegiatan muhadharah ini.
Santri yang memiliki ketrampilan muhadharah dengan baik, maka menjadi modal awal baginya untuk terjun ke masyarakat, baik masyarakat perguruan tinggi bagi yang melanjutkan studinya ke perguruan tinggi, maupun masyarakat yang sesungguhnya. Apabila keberanian dan kemampuan ini dikembangkan dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan dia akan menjadi seorang orator yang hebat, yang bisa menempatkan dirinya di hadapan masyarakat pendengar yang beraneka ragam.